Senin, 09 Desember 2013

PELAJARAN DARI GUS EKO
seorang haji kadang pahster dan segudang prestasi

SHOLAT LAH DENGAN SHOLAT HAKIKAT
dengan melaksanakan sholat manusia mensucikan dirinya dan ketika kedekatan kepada alloh telah memasuki jiwa maka segala permohonan segala doa akan terkabul.

dan didalam sholat banyak diantara kita masih saja hanya melepaskan kewajiban, dan dikarenakan manusia tersebut tidak memahami hakikat maka sholatnya hanya melepas kewajiban saja, maka dengan mengetahui hakikat sholat  apa yang harus dipahami dimanakah meletakan hadap hati itulah yang disebut hakikat dan dari pemaparan tentang hakikat maka didapatlah istilah sholat hakikat.

hakikat adalah pengetahuan akan realitas diri atau kenyataan yang ada pada diri, diri manusia terdiri dari jasad, ruh, dan jiwa  pada saat kita melakukan semua kegiatan jasad hanyalah kendaraan maka apapun yang menyakut jasad yang orientasinya masih melepas kewajiban itu adalah baru awal, maka tidak memiliki nilai selain lepasnya kewajiban.

ruh berada dalam lapisan berikutnya dari jasad, bagai mana ruh bekerja ruh tidak dibatasi dengan ruang dan waktu, maka yang disebut dengan kesadaran,ingat, hanyut dan khusuk adalah perbuatan ruh dengan memasukan kesadaran akan alloh maka ruh telah lurus berkiblat kepada alloh.

baitullah adalah rumah alloh yang bersifat jasadi namun mengarahkan hadap hati kepada alloh harus menggunakan sarana baitullah adalah sarana yang sangat baik maka letakanlah hatimu kedalam baitullah dalam beribadah dan semoga alloh memberikan rahmatnya dan menambahkan pengetahuanya kedalam hati kita sehingga kita akan lebih mampu beribadah dengan kualitas yang sebenar benarnya sehingga kita menjadi hamba hamba yang berkualits.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar